Sabtu, 16 Juli 2011

WAYANG GOLEK & PARIWISATA DALAM SATU KAITAN

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting sebagai etalase untuk mempromosikan asset daerah maupun negara. Melalui pariwisata, dapat ditunjukan berbagai aspek yang merupakan ciri khas daerah yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dan bangsa. Berbagai aspek yang dapat dijadikan ruang lingkup pariwisata di antaranya kebudayaan, kesenian, dan keindahan alam.

Di Jawa Barat, banyak sekali objek pariwisata, baik keindahan alam, kebudayaan, maupun kesenian. Pariwisata yang berhubungan dengan keindahan alam, memiliki sifat yang statis, karena berhubungan dengan tempat, artinya merupakan tujuan wisata searah dan perkembangannya berhubungan dengan pembangunan infra struktur. Lain halnya dengan pariwisata kebudayaan dan kesenian, lebih dinamis karena dapat dipertontonkan di mana saja, misalnya di tempat wisata, dan di hotel-hotel yang terdapat turis.

Salah satu jenis kesenian yang turut mendukung pariwisata yaitu kesenian wayang golek, di mana pada pementasannya mengandung beberapa unsur kesenian di antaranya seni tari, seni suara, seni musik, dan seni ukir. Kesenian wayang golek juga dapat dijadikan sebagai ajang promosi pariwisata, baik regional maupun nasional.

Banyak grup kesenian wayang golek di Jawa Barat, tetapi yang lebih di kenal oleh masyarakat salah satunya yaitu Giri Harja 3 pimpinan dalang Asep Sunandar Sunarya, dan Putra Giri Harja 3 pimpinan Dadan Sunandar Sunarya. Peranan kedua kelompok tersebut dalam mendukung pariwisata khususnya pariwisata Jawa Barat tidak dapat disangsikan lagi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan-kegiatan pementasan Giri Harja 3 maupun Putra Giri Harja 3 di berbagai daerah di Jawa Barat. Bahkan secara langsung mempromosikan Indonesia melalui pementasan wayang golek di berbagai negara, seperti Amerika, Prancis, Inggris, Kanada, Jepang dan sebagainya. Undangan pementasan dari luar negeri merupakan salah satu bukti bahwa kesenian kebanggaan Jawa Barat tidak hanya dicintai oleh masyarakatnya, tetapi juga diminati oleh orang asing, selain penyajian pementasannya juga boneka wayang yang dapat dijadikan merchandise bagi para turis.

Giri Harja 3 dan Putra Giri Harja 3 pada pementasannya selalu menyampaikan misi pariwisata dan dakwah keagamaan yang bertujuan untuk menghibur sekaligus membimbing penonton. Pementasan wayang golek merupakan ajang bagi para pedagang makanan tradisional khas Jawa Barat untuk menjajakan dagangannya, ini berarti sekaligus mempromosikan unsur pariwisata yang lain.

Selama ini, Giri Harja 3 dan Putra Giri Harja 3 selalu menjalankan kegiatannya di berbagai tempat, artinya kegiatan secara aktif jarang diadakan di daerahnya sendiri (Giri Harja). Padahal di Giri Harja sendiri sudah layak untuk dijadikan tempat tujuan wisata, dimana di Giri Harja terdapat sanggar-sanggar yang memproduksi wayang golek baik untuk kepentingan pentas, maupun untuk ekspor. Untuk mendukung hal tersebut, Giri Harja 3 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat membangun padepokan di Giri Harja yang bertujuan selain sebagai tempat tujuan wisata, karena nantinya program-program padepokan akan disesuaikan dengan program pariwisata Jawa Barat dimana diadakan kegiatan pementasan wayang golek secara rutin, juga diharapkan dapat menjadi tempat belajar bagi dalang-dalang muda.

Tidak ada komentar: