Minggu, 17 Juli 2011

KOLABURASI 3 DALANG PADA “INDONESIAN WAYANG FESTIVAL”

Museum Wayang Indonesia, Taman Kota Tua Jakarta, 16 Juli 2011

Salah satu acara hiburan yang diadakan dalam event Indonesian Wayang Festival yaitu pagelaran wayang golek kolaburasi 3 dalang Jawa Barat yang melibatkan Dalang Dadan Sunandar Sunarya dari Putra Giri Harja 3 (Bandung)– Dalang Wawan Amung Sutarya dari Munggul Pawenang Putra (Bandung)– Dalang Eka Supriadi dari Panca Komara 3 (Karawang), dengan mempersembahkan sebuah lakon “serapan” yang diambil dari kisah Mahabarata dengan judul “Gatotkaca Kusuma Bangsa” karya Eka Supriadi.

Yang menarik dari pagelaran tersebut yaitu berbaurnya “3 karakter” dalam satu sajian dengan tidak mengesampingkan keistimewaan masing-masing dalang. Eka Supriadi yang piawai dalam dramatisasi cerita, Dadan Sunandar Sunarya sebagai pengatur alur cerita dan menghibur penonton dengan menampilkan buta-buta, Wawan Amung Sutarya dengan tokoh panakawannya juga berhasil “mengocok perut” penonton.

Para dalang membawakan lakon dengan sempurna, hal ini tersirat dari respon penonton yang menyaksikan pagelaran tersebut. Mereka tampak puas dan terhibur terbukti dari jumlah penonton yang banyak dan tidak beranjak mulai dari awal sampai akhir pagelaran.

Sebuah catatan penting dari pagelaran tersebut yaitu ternyata kesenian wayang golek selalu mendapat tempat di masyarakat, meskipun diadakan di luar Jawa Barat (Jakarta) yang berpenduduk heterogen. Wayang golek juga cukup diminati para turis dari berbagai negara khususnya yang hadir pada pagelaran tersebut.

Sebagai informasi, tonggak awal kolaburasi 3 dalang (Panca Komara3 - Putra Giri Harja 3 – Munggul Pawenang Putra) adalah prakarsa Bpk. H. Dedi Mulyadi, SH - Bupati Purwakarta yang pada kurun waktu 2005 – 2011 selalu menampilkan 3 dalang dalam menyampaikan program pemerintah Kabupaten Purwakarta.


4 komentar:

adrian mengatakan...

keren nih blog.isinya tntang wayang indonesia yang menarik..nice,keep posting and blogging ya..jgn lupa komen balik di blogku ya..ok??

Putra Giri Harja 3 mengatakan...

ok brader,.... aku datang....

Aryes Novianto mengatakan...

Saya sangat menyukai budaya perwayangan kang, tapi sebenarnya juga saya jarang menyaksikan langsung dikota saya. mungkin juga sudah berubah eranya .ya namanya anak muda jaman sekarang. tapi saya salaut dan acungi jempol bagi para pelaku perwayangan

semoga budaya ini tidak tertindas dengan budaya baru yang terus memborbardir budaya kita, so...kembangin terus mas blog ini. biar makin bagus,

hadirkan kisah perwayangan juga, pasti tambah seru disini. salam cru PGH3, kemarin juga abis nanggap wayang disragen

Putra Giri Harja 3 mengatakan...

Mas Aryes terima kasih atas supportnya,... saya sering bulak balik di blog anda,... soalnya saya tertarik mempelajari IM.. jadi jangan bosan untuk saya kunjungi terus blognya.... :)