Rabu, 20 Juli 2011

ASEP SUNANDAR SUNARYA - GIRI HARJA 3

Asep Sunandar Sunarya, seorang dalang pertunjukan wayang golek paling terkenal di lingkungan komunitas penggemarnya, baik tingkat regional, nasional, maupun internasional. 

Faktor-faktor  pendukung utama sehingga Asep Sunandar Sunarya berpredikat sebagai dalang paling terkenal, khususnya di lingkungan masyarakat Sunda, karena aspek-aspek dramatik, dikemas dan dipertunjukkan secara profesional, serta diselaraskan dengan selera penonton masa kini. 

Sajian Asep Sunandar Sunarya kaya dengan teknik-teknik “baru” atau trik-trik “modern” yang sangat menarik, dan memukau penonton.

Asep Sunandar Sunarya telah berhasil mengemas dan menyajikan bentuk formula “baru” yang atraktif dan komunikatif, sehingga digemari dan digandrungi penonton, serta  ditiru para dalang lain. 

Almost single-hendedly, the puppet master Asep Sunandar has brought about such a dramatic change in publik perception of wayang golek that he is widelly considered a “hero” of the art form in West Java.  With his virtuoso performances, featuring innovative puppets and a sophisticated sound system, he has been able to atract much larger audences (Herberth, 2002:190).     

Berbagai tanggapan dan pernyataan bahwa pertunjukan wayang golek sajian dalang Asep Sunandar Sunarya, kaya dengan trik-trik dramatik inovatif yang sangat menarik, mengesankan, mempesona, dan mengharukan penonton, merupakan fenomena unik dan menarik. 

Kemahiran Asep Sunandar Sunarya dalam mendramatisasikan lakon pewayangan, sehingga mampu membangkitkan perasaan simpati bahkan empati penonton, bukan diperoleh secara spontanitas, tetapi berkat perjuangan dan pengorbanan yang optimal, serta menganut konsep-konsep dramatik lakon yang secara konsekuen diaplikasikan pada setiap pertunjukan.

1 komentar:

nov_sid mengatakan...

hidup wayang golek....abdi ti kiara condong